MY BISNIS


SUSU KURMA ALMOND
Sumber ide :
Ingin membuat minuman enak dan manis tetapi tetap bisa di konsumsi sama seluruh kalangan, dari anak-anak – lansia , bahkan bisa di konsumsi oleh orang yang memiliki riwayat diabetes , bahkan bisa untuk yang ingin diet.
Deskripsi :
Susu kurma almond mengandung banyak energi, protein dan serat. Selain mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, potassium dan zinc, almond milk juga kaya akan vitamin C, E dan B6. Ini kebaikan susu kurma almond untuk kesehatan tubuh.



Produksi
Bahan-bahan yang perlu disiapkan :
–  kacang almond mentah
– air matang
– buah kurma
– Sejumput garam himalaya / sea salt (opsional)
– Air secukupnya untuk merendam kacang almond
Cara membuat :
-       Rendam kacang almond dan kurma
-       Blender kacang almond dan kurma nya , lalu masukan air ,dan garam secukup nya blender sampai halus
-       Lalu saring susu kurma almond yang tadi di blender
-       Lalu masukan ke dalam botol kemasan
-       Lalu siap untuk di konsumsi
Team  (organisasi )
-       Owner
-       Bendahara (staff)
-       Admin (staff)
-       Team marketing (staff)
-       Team pr (staff)
-       Team produksi (staff)
-       Team packing & pengiriman (staff)
Membangun teamwork yang baik :
Kepercayaan :
Rasa saling percaya juga akan memberikan kenyamanan bagi anggota untuk saling bertukar pikiran dan berbagi ketika terdapat permasalahan, baik permasalah pribadi maupun permasalah tim. Keterbukaan inilah yang kemudian akan memudahkan seorang pemimpin ataupun anggota tim untuk mampu mendefinisikan masalah ketika terjadi krisis yang harus dihadapi.
Membangun Partnership :
Setiap anggota harus menyadari dan meyakinkan dirinya bahwa mereka semua adalah partner bukan musuh ataupun orang lain. Karena apabila mereka menganggap bahwa anggota dalam team adalah partner, maka mereka akan merasa nyaman sehingga dapat melakukan kerja sama dengan baik dan dapat menghasilkan kinerja yang maksimal.
Memberikan Sharing:
Sharing perlu untuk dilakukan supaya dapat memberikan informasi dan pengetahuan kepada anggota team, karena setiap anggota memiliki pengalaman dan pandangan yang berbeda sehingga dapat memberikan banyak informasi dan pengetahuan.
Pemasaran :
Strategi pemasaran уаng hаruѕ dilakukan оlеh pelaku usaha hаruѕ lebih mengedepankan mаnfааt dаrі Susu Almоnd yang dіtаwаrkаn. Sehingga konsumen lеbіh tеrtаrіk untuk mencoba karena tеlаh mеngеtаhuі khаѕіаtnуа. Lalu di pasarkan melalu social media , meng-endorse influencer , serta Mulut ke mulut.
Keuangan
Ketetapan harga : 1 botol 20.000
Pengeluaran :
Almond – 50.000/1kg
Kurma – 35.000/1kg
Blender – 250.000
Corong – 1.000
Botol plastic 250ml – 650/1botol
Sticker lable – 10.000/1gulung
Total = 1,124000
Keuntungan perhari = penjualan – kebutuhan pokok
50 botol x 20.000 – 130.000 = 870.000/minggu

BMC 9 BLOCK
Customer segments :

  • -       anak anak
  • -       remaja
  • -       lansia
  • -       orang yang memiliki diabet
  • -       orang yang ingin diet
  • -       ibu menyusui
value proposition :

  • -       sumond ini sebagai minuman sehat untuk tubuh
  • -       meningkatkan daya saing produk susu uht
channel :

  • -       ecommerce
  • -       media social
  •  
  • customer relationship :
  • -       diskon dan promo
  • -       program giveaway
revenue streams :

  • -       penjualan produk susu siap minum
key activities :

  • -       membeli hasil panen kurma dan kacang almond
  • -       mengolah almond&kurma menjadi produk
key resource :

  • -       lahan tanam kurma dan almond
  • -       alat pengolahan standar minuman
  • key partnership :
  • -       petani kacang almond dan kurma
  • -       middle man
cost struktur :

  •     - bahan baku dan kacang almond&kurma
  •     - gaji pegawai
  •    - proses pengolahan produk
  •    - biaya marketing
  •   - biaya kemasan & packaging
Bagian dimana manajemen mencatat darimana saja sumber pemasukan perusahaan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

COVID-19

Kisah Sukses Bittersweet by Najla, Pelopor Dessert Box di Indonesia

Perlunya Manajemen Organisasi dalam Berwirausaha