KEGIATAN CYBER PR
kegiatan Cyber
PR adalah kegiatan kehumasan yang dilakukan di dunia Internet. Seluruh kegiatan
kehumasan konvensional pada dasarnya dapat dilakukan juga melalui internet,
dari mulai melakukan kegiatan publikasi sampai pada customer relations
management.
Apa saja
bentuk-bentuk kegiatan para praktisi cyber public relations?
Press Releases
Dengan online
PR, press release dapat terkirim langsung ke penyaji media (media outlets) pada
cakupan regional, nasional maupun internasional (tergantung sasaran yang
diinginkan).
Expert Articles
Yaitu tulisan/
artikel (disebut sebagai white papers) tentang sebuah topik yang berkaitan
dengan produk perusahaan yang dibuat oleh seorang ahli (ilmuwan/ peneliti)
tanpa menyebut merek atau produknya. Tulisan ini paling mudah diterbitkan
karena tidak pernah dikategorikan sebagai iklan. Beberapa penulis minta dibayar
sehingga perlu diperhitungkan sebagai biaya iklan.
Email
Newsletters
Merupakan
gabungan isi yang informatif dan iklan ‘terselubung’ yang terkirim sebagai
e-mail. Newsletter bisa ditulis menggunakan format teks dan/ atau HTML. Bisa
berupa artikel pengetahuan, informasi tentang penjualan dan promosi, berita
ringkat, survey, dll.
Podbloginars
(podcast-blog dan webinar)
Ini mungkin
masih merupakan sarana baru yang belum umum, tapi sangat layak dipertimbangkan
untuk digunakan sebagai “kendaraan” online PR
Corporate Blog
Corporate blog
atau blog perusahaan dikenal juga sebagai “web logs,” yaitu suatu jurnal online
yang ditulis misalnya oleh eksekutif perusahaan dalam gaya yang informal, atau
bahkan bernada percakapan, selain juga dapat memuat informasi-update tentang
perusahaan.
Webinars
Singkatan dari
“Web Seminar” yang bisa ditayangkan langsung atau siaran tunda, dimuat dalam
situs web, dan dapat diputar ulang oleh pengunjung situs yang berminat. Webinar
menggunakan komputer dan saluran telepon untuk mengirimkan presentasi
powerpoint, demo produk atau aplikasi web, dan rekaman video.
Podcasts
Merupakan
strategi pemasaran online terbaru. Podcast adalah rekaman suara sebuah siaran
yang dapat didownload ke iPod dan MP3/ MP4 players. Umumnya diproduksi oleh
siaran radio independen, namun perusahaan besar sudah mulai menggunakannya
sebagai saluran distribusi dan iklan. PR tools ini merupakan perluasan
penggunaan fasilitas online yang dianggap lebih mampu secara aktif mendekati
dan menarik perhatian sasaran daripada pemuatan artikel, tulisan atau iklan
dalam website yang pada umumnya sudah dibuat oleh hampir semua perusahaan saat
ini. Keistimewaan tools ini adalah sifatnya yang aktif mendekati sasaran
sementara website bersifat pasif menunggu kedatangan pengunjung yang kebetulan
“lewat” dan berhenti untuk ‘window shopping’.
Dengan begitu
banyak dan beragamnya kegiatan para praktisi cyber public relations ini, jelas
akan sangat menuntut kompetensi baru, skill baru. Praktisi Cyber PR zaman kini
haruslah seorang yang tidak hanya handal berselancar di dunia maya, tetapi juga
mampu mengembangkan content dalam berbagai format distribusi (media cetak,
radio, TV, situs web, e-mail, iTV, PDA, WAP, Usenet dan sejenisnya) agar dapat
dengan tepat menjangkau berbagai audiens.
Komentar
Posting Komentar